Dirilis, pada awal Juni 2017, Redi Cube dirancang oleh desainer puzzle terkenal Oskar Van Deventer, dan diproduksi oleh Moyu. Ini adalah rubik yang memutar tiga sudut berlapis, di mana setiap sudut menggerakkan tiga sisi di sekitarnya. Rumus Rubik Redi Cube memang cukup sulit untuk dipecahkan. Oleh karena itu, kamu harus memahami rubik ini terlebih dahulu sebelum memainkannya.
Rumus Rubik Redi Cube dapat diselesaikan secara intuitif, yang berarti pemain rubik yang berpengalaman harus dapat menyelesaikannya tanpa algoritma bantuan, meskipun ada algoritma sederhana yang dapat digunakan.
Penyelesaian dari Rumus Rubik Redi Cube sangat mirip dibandingkan dengan rubik 3x3x3 klasik. Kamu harus menyelesaikan setiap lapisan satu per satu. Namun, tidak ada notasi himpunan untuk rubik tersebut. Jadi untuk tutorial ini kami telah membuat notasi kami sendiri.
Hal tersebut terjadi karena Rubik Redi Cube adalah rubik yang memutar sudut, kami telah menetapkan nomor untuk setiap sudut, yang bergantung pada posisi kamu dalam memegang rubik tersebut.
Saat memegang rubik, pojok kanan atas adalah nomor 1. Kemudian nomor 2 ada di pojok kiri atas dari sisi yang menghadap ke arah kamu, nomor 3 di kanan bawah, dan nomor 4 ada di pojok kiri bawah dari sisi yang sama. Gunakan diagram untuk menemukan sisa sudut yang sesuai dengan lokasi yang disebutkan di atas dari 4 sudut pertama.
Contoh algoritmanya adalah 1, 2, 3i, 4, 5, 5. Jika ada nomor individu, putar sudut yang sesuai searah jarum jam sekali. Jika ada angka yang segera diikuti dengan “i”, ini berarti memutar sudut yang sesuai satu kali berlawanan arah jarum jam.
Lapisan pertama yang akan mulai kita selesaikan adalah lapisan berwarna putih. Cari sudut yang bersebelahan dengan sudut lain yang memiliki stiker putih. Kemudian arahkan (putar) sudut putih hingga semua sudut putih menghadap ke atas.
Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan potongan tepi dan memasukkannya ke tempatnya. Gunakan empat bagian sudut bawah untuk memindahkan tepi ke sisi kanan wajah yang diwarnai.
Coba lakukan tiga bagian pertama secara individual. Untuk memindahkan tepi terakhir (merah / putih) ke posisi terselesaikan, gunakan algoritma 4i, 2i, 4, 2 seperti yang terlihat pada gambar.
Pertama-tama, letakkan lapisan berwarna putih di bagian bawah. Kemudian arahkan (putar) semua sudut yang tersisa sehingga stiker kuning menghadap ke atas
Selanjutnya, kita perlu menemukan tepi di lapisan atas yang tidak memiliki stiker kuning di atasnya. Untuk contoh ini kita akan menggunakan tepi berwarna merah/biru.
Untuk memindahkan tepi yang berwarna biru/merah dari posisinya ke posisi terselesaikan, gunakan algoritma 2i, 1i, 2, 1 dengan sisi merah menghadap ke arahmu.
Jika potongan tepi biru/merah adalah salah satu sisi yang berlawanan, dari sisi kuning. Maka gunakanlah algoritma 1, 2, 1i, 2i dengan sisi biru menghadap ke arahmu untuk memindahkan tepi ke tempatnya.
Jika kamu memiliki kasus seperti ini, gunakan algoritma 2, 1, 2i, 1i untuk menyelesaikan tepi ke posisi tersebut. Cara ini akan menjaga orientasi sudut kuning dengan benar. Algoritma terbalik untuk kasus ini adalah 1i, 2i, 1, 2 pindahkan ke posisi terselesaikan. Lanjutkan memecahkan bagian tepi sehingga semua tepi tengah berada pada posisi yang benar.
Akan selalu ada 3 sisi yang terselesaikan pada tahap ini, sisi kuning, putih dan satu sisi warna lainnya. Letakkan sisi berwarna lainnya di bagian belakang wajah.
Kasus pertama akan menjadi tiga sisi yang perlu dilakukan siklus. Algoritma untuk menyelesaikan kasus ini adalah 2, 1i, 2i, 1i.
Jika tepi biru atau bagian yang setara berada di sisi yang berlawanan, gunakan algoritma 1, 2i, 2i, 1.
Jika kamu memiliki kasus di mana tidak ada tepi yang berorientasi dengan benar, gunakan algoritma 1i, 2, 1, 2i. Lalu gunakan algoritma 2, 1i, 2i, 1i dengan sisi yang diselesaikan di belakang, kuning di atas dan putih di sisi bawah.
Untuk mengatasi kasus ini, letakkan sisi mana saja di belakang dan lakukan 1, 2i, 1i, 2i lalu letakkan permukaan yang terselesaikan di belakang, dengan wajah kuning di atas dan putih di bawah. Kemudian lakukan 1, 2i, 1i, 2i lagi untuk menyelesaikan rubik.