
Cara Menuntaskan Rubik dengan Rumus PLL & OLL pada Rubik 3×3
Bermain rubik sudah menjadi hal yang umum saat ini, apalagi sekarang sudah terdapat beberapa pertandingan rubik di beberapa tingkatan bahkan sampai ke tingkat internasional. Tujuan dalam permainan rubik ini adalah memutar setiap bagian rubik sehingga setiap permukaan sisi berwarna sama.
Menyelesaikan teka teki dalam rubik tidaklah mudah. Anda perlu fokus dalam mengatur strategi dan alur perputaran dalam permainan rubik Anda. Karena apabila terjadi satu saja putaran yang tidak sesuai, putaran untuk menyelesaikan bagian lainnya juga akan berubah.
Rumus OLL dalam Rubik 3×3
Rumus OLL (Orientation Last Layer) merupakan rumus dalam permainan rubik yang bertujuan untuk memutar setiap blok tepi dan sudut di bagian atas rubik sehingga tepi berwarna sama menghadap ke atas dan sudut dengan warna yang sama membentuk pola tertentu. Teknik OLL dilakukan setelah memecahkan bagian tengah (middle layer) dan merupakan langkah kedua dalam algoritma CFOP (Cross-F2L-OLL-PLL) yang sering digunakan oleh para speedcuber.
Rumus ini merupakan rumus dasar dalam permainan rubik yang dapat Anda pelajari. Anda disarankan untuk mempelajari dan memahami rumus OLL ini secara keseluruhan sebelum mempelajari rumus PLL. Setiap pola OLL memiliki rumus yang khusus, dan Anda harus mengenali dan menguasai setiap pola dan rumusnya agar dapat menyelesaikan rubik dengan cepat. Untuk menyelesaikan rubik, Anda perlu melanjutkan algoritma PLL. Terdapat 9 pola yang sering digunakan dari jumlah 57 pola OLL untuk menyelesaikan rubik.
Awkward Shape
1. Awkward Shape-1

R U R’ U’ R U’ R’ F’ U’ F R U R’
2. Awkward Shape-2

F R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’ F2
3. Awkward Shape-3

R U R’ U R U2 R’ F R U R’ U’ F’
4. Awkward Shape-4

R’ U’ R U’ R’ U2 R F R U R’ U’ F’
Bentuk Petir Besar
5. Bentuk Petir Besar-1

L F’ L’ U’ L U F U’ L’
6. Bentuk Petir Besar

R’ F R U R’ U’ F’ U R
Huruf C
7. Huruf C-1

R U R2 U’ R’ F R U R U’ F’
8. Huruf C-2

R’ U’ R’ F R F’ U R
9. Corners Oriented

r U R’ U’ r’ R U R U’ R’
Huruf H
10. Huruf H

R U R’ U’ M’ U R U’ r’
Tanda Plus
11. Tanda Plus – 1

R U2 R’ U’ R U R’ U’ R U’ R’
12. Tanda Plus-2

R U2 R2 U’ R2 U’ R2 U2 R
13. Tanda Plus – 3

R2 D’ R U2 R’ D R U2 R
14. Tanda Plus-4

r U R’ U’ r’ F R F’
15. Tanda Plus – 5

F’ r U R’ U’ r’ F R
16. Tanda Plus-6

R U2 R’ U’ R U’ R’
17. Tanda Plus – 7

R U R’ U R U2 R’
Titik Tengah
18. Titik tengah-1

R U2 R2 F R F’ U2 R’ F R F’
19. Titik Tengah-2

r U r’ U2 r U2 R’ U2 R U’ r’
20. Titik Tengah-3

r’ R2 U R’ U r U2 r’ U M’
21. Titik Tengah-4

M U’ r U2 r’ U’ R U’ R’ M’
22. Titik Tengah-5

F R’ F’ R2 r’ U R U’ R’ U’ M’
23. Titik Tengah-6

r U R’ U R U2 r2 U’ R U’ R’ U2 r
24. Titik Tengah-7

r’ R U R U R’ U’ M’ R’ F R F’
25. Titik Tengah-8

r U R’ U’ M2 U R U’ R’ U’ M’
Bentuk Ikan
26. Bentuk Ikan-1

R U R’ U’ R’ F R2 U R’ U’ F’
27. Bentuk Ikan-2

R U R’ U R’ F R F’ R U2 R’
28. Bentuk Ikan-3

R U2 R2 F R F’ R U2 R’
29. Bentuk Ikan-4

F R’ F’ R U R U’ R’
Huruf I
30. Huruf I – 1

F U R U’ R’ U R U’ R’ F’
31. Huruf I – 2

R U R’ U R U’ B U’ B’ R’
32. Huruf I – 3

R’ F R U R U’ R2 F’ R2 U’ R’ U R U R’
33. Huruf I – 4

r’ U’ r U’ R’ U R U’ R’ U R r’ U r
Huruf L
34. Huruf L – 1

F U R U’ R2 F’ R U R U’ R’
35. Huruf L – 2

R’ F R U R’ F’ R F U’ F’
36. Huruf L – 3

l’ U’ l L’ U’ L U l’ U l
37. Huruf L – 4

r U r’ R U R’ U’ r U’ r’
Huruf P
38. Huruf P-1

R’ U’ F U R U’ R’ F’ R
39. Huruf P – 2

L U F’ U’ L’ U L F L’
40. Huruf P – 3

F’ U’ L’ U L F
41. Huruf P – 4

F U R U’ R’ F’
Huruf L Kecil
42. Huruf L Kecil-1

R’ U’ R’ F R F’ R’ F R F’ U R
43. Huruf L Kecil-2

F R U R’ U’ R U R’ U’ F’
44. Huruf L Kecil-3

r U’ r2 U r2 U r2 U’ r
45. Huruf L Kecil-4

r’ U r2 U’ r2 U’ r2 U r’
46. Huruf L Kecil-5

l’ U2 L U L’ U’ L U L’ U l
47. Huruf L Kecil-6

r U2 R’ U’ R U R’ U’ R U’ r’
Petir Kecil
48. Petir Kecil – 1

r U R’ U R U2 r’
49. Petir Kecil – 2

l’ U’ L U’ L’ U2 l
50. Petir Kecil – 3

r U R’ U R’ F R F’ R U2 r’
51. Petir Kecil – 4

M’ R’ U’ R U’ R’ U2 R U’ R r’
Square Shape
52. Square Shape-1

l’ U2 L U L’ U l
53. Square Shape-2

r U2 R’ U’ R U’ r’
Huruf T
54. Huruf T-1

R U R’ U’ R’ F R F’
55. Huruf T-2

F R U R’ U’ F’
Huruf W
56. Huruf W-1

L’ U’ L U’ L’ U L U L F’ L’ F
57. Huruf W-2

R U R’ U R U’ R’ U’ R’ F R F’
Rumus PLL dalam Rubik 3×3
Rumus PLL (Permutation of the Last Layer) merupakan algoritma pada permainan rubik yang digunakan untuk memperbaiki posisi blok pada layer terakhir atau yang dikenal dengan sebutan OLL. Setelah OLL diselesaikan, PLL digunakan untuk memperbaiki posisi rubik pada layer terakhir sehingga rubik bisa Anda selesaikan sepenuhnya.
PLL terdiri dari beberapa algoritma yang berbeda, dimana setiap algoritma akan memindahkan blok rubik pada layer terakhir dengan cara yang berbeda-beda. Dalam total ada 21 algoritma yang berbeda yang digunakan dalam PLL. Setiap algoritma memiliki efek yang berbeda terhadap rubik, tergantung pada posisi blok yang perlu dipindahkan dan posisi rubik secara keseluruhan. Dalam mempelajari PLL, penting untuk menghafal setiap algoritma dengan benar, serta mengerti bagaimana cara menerapkannya pada rubik dengan efektif dan efisien. Dalam hal ini, Anda perlu latihan dan praktik yang merupakan kunci utama untuk menjadi mahir dalam menggunakan rumus PLL pada permainan rubik.
1. Na

R U R’ U R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U2 R U’ R’
2. F

R’ U’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’ U R
3. Nb
R’ U R U’ R’ F’ U’ F R U R’ F R’ F’ R U’ R
4. Y

F R U’ R’ U’ R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R F’
5. E

x’ L’ U L D’ L’ U’ L D L’ U’ L D’ L’ U L D
6. Ga

R2 U R’ U R’ U’ R U’ R2 U’ D R’ U R D’
7. Gb

R’ U’ R U D’ R2 U R’ U R U’ R U’ R2 D
8. Gc

R2 U’ R U’ R U R’ U R2 U D’ R U’ R’ D
9. Gd

R U R’ U’ D R2 U’ R U’ R’ U R’ U R2 D’
10. Ra

R U’ R’ U’ R U R D R’ U’ R D’ R’ U2 R’
11. T

R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’ F’
12. V

R’ U R’ U’ y R’ F’ R2 U’ R’ U R’ F R F
13. Jb

R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’
14. Rb

R2 F R U R U’ R’ F’ R U2 R’ U2 R
15. Ja

x R2 F R F’ R U2 r’ U r U2
16. Aa

x L2 D2 L’ U’ L D2 L’ U L’
17. Ab

x’ L2 D2 L U L’ D2 L U’ L
18. Z

M’ U M2 U M2 U M’ U2 M2
19. H

M2 U M2 U2 M2 U M2
20. Ua

M2 U M U2 M’ U M2
21. Ub

M2 U’ M U2 M’ U’ M2
Dalam artikel ini, kita sudah membahas tentang permainan pada rubik yaitu dengan rumus OLL dan PLL. Juga sudah membahas beberapa pola pada algoritma untuk OLL dan PLL. Anda harus ingat bahwa terdapat banyak pola dan algoritma lain yang dapat digunakan untuk membantu Anda menyelesaikan rubik, Anda dapat memilih mana yang paling cocok untuk Anda gunakan.
Jangan lupa untuk tetap berlatih secara konsisten. Dengan waktu dan latihan yang Anda lakukan, Anda dapat menyelesaikan rubik dan bahkan dapat mengembangkan pola atau algoritma yang dapat Anda gunakan sendiri.