Istilah yang Perlu Diketahui dalam Dunia Perubikan

Ada beberapa istilah dalam dunia rubik cube yang perlu Anda ketahui, jika Anda ingin memulai untuk mengenali atau menggemari permainan seru yang satu ini. Istilah yang sering disebutkan atau diucapkan para cuber berikut ini sedikit asing dan membingungkan bagi para pemula.

Oleh karena itu saya akan merangkum beberapa istilah umum dari rubik cube yang perlu Anda ketahui berikut ini:

1. Solve : Kondisi rubik cube sudah terselesaikan. Hal tersebut mengacu pada proses rubik cube dari keadaan yang teracak dan kemudian kembali pada keadaan semula atau terpecahkan.

2. Order X : Urutan yang mengacu pada jumlah blok di setiap sisi cube. Misalnya, ada 3 blok kecil di setiap sisi rubik cube pada susunan ketiga.

3. DNS : Merupakan singkatan dari Did Not Start yang berarti Competitor tidak memulai permainannya. Hal ini terjadi saat competitor kehilangan kesempatan untuk memulihkan permainan atau tidak melakukan pemulihan pada rubik cube.

4. The Original Text of SUB : “Subtraction” berarti penguranagn rata-rata kecepata rubik cube yang dinyatakan dengan “kurang dari”. Dalam hal ini berarti terhitung di bawah XX detik. Contoh rubik cube 3×3 SUB-30 bererti kecepatan rata-rata kurang dai 30 detik.

5. CFOP : Merupakan singkatan dari Croos F2L OLL PLL. CFOP merupakan metode dalam menyelesaikan rubik cube yang ditemukan oleh Prof. Jessica Fredrich atau sering juga disebut metode Fredrich. Sesuai kepanjangannyanya, istilah ini terdari proses menyelesaikan rubik cube Croos, F2L, OLL, PLL yang diambil dari huruf awal masing-masing.

6. DNF : Merupakan singkatan dari Did Not Finish. DNF merupakan keadaan dimana kontestan meras tidak dapat menyelesaikan rubik cube dalam waktu yang memuaskan atau mencapai abstainnya. Ruik cube dalam keadaan gagal diselesiakan saat timer di tekan. Dalam permainan memungkinkan ada satu DNF.

7. Lucky Case : Merupakan langkah tertentu yang mengacu pada proses mengembalian rubik cube yang mengguntungkan untuk langkah berikutnya secara otomatis.

8. Lucky Time : Merupaka acuan waktu yang diperlukan untuk memulihkan dalam rubik cube dalam kondisi Lucky Case.

9. PB : Merupakan singkata dari Personal Best. PB merupakan waktu tercepat yang pernah dicapai oleh seorang cuber dalam menyelesaikan rubik secara pribadi.

10. POP : Merupakan singkatan dari POP up. POP merupkan kondisi dimana piece terlepas atau copot dari cube-nya. Hal ini terjadi selama restorsi rubik cube dimana bagian-bagian seperti tepi dan sudut terlepas keluar. Jika hal ini muncul dalam permainan maka dianggap sebagai proses pemulihan yang tidak valid atau tidak sah.

11. BLD : Merupakan singkatan dari Blindfold Cubing. BLD adalah cara bermain rubik cube dengan mata tertutup. Bagaimana bisa bermain dengan mata tertutup? Cuber akan melihat atau menonton terlebih dahulu susunan acak rubik cube, setelah itu baru memutar rubik cube untuk dimainkan. Pengaturan waktu dimulai dari pandangan pertama atau pada saat melihat pertama rubik cube yang teracak, kemudian kontestan mengingatnya.

12. F2L : Merupakan singkatan dari First 2 Layer. F2L adalah Metode Fridrich yang digunakan untuk mengembalikan lapisan pertama dan kedua rubik cube secara bersamaan.

13. OLL : Merupakan singkatan dari Orientation Of Last Layer. OLL merupakan langkah untuk menyatukan sisi teratas dari sebuah cube. Ini merupakan langkah ketiga dari metode Fridrich yang dilakukan dimana layer teratas rubik belum sama.

14. PLL : Merupkan singkatan dari Permutation Of Last Layer. PLL adalah langkah setelah langkah OLL dilakukan dengan tujuan untuk menyamakan layer terakhir dalam permainan rubik yang belum terletak pada tempat yang tepat. Langkah ini menggunakan metode Fridrich untuk mengembalikan posisi lapisan ketiga dari rubik cube.

15. UWR : Merupakan singkatan dari Unofficial Word Record. UWR adalah rekor dunia yang tidak resmi. Statistik kompetisi tercatat di rekor dunia rubik cube yang tidak resmi.

16. LBL : Merupakan singkatan dari Layer By Layer. LBL merupakan metode Beginner untuk menyelesaikan rubik dari lapis demi lapis.

17. WR : Merupakan singkatan dari Word Record. WR adalah waktu tercepat dunia yang tercatat di kompetisi resmi WCA.

18. NR : Merupakan singkatan dari National Record. NR adalah waktu tercepat yang tercatat di kompetisi resmi WCA di negara-masing-masing.

19. AsR : Merupakan singkatan dari Asian Record. AsR adalah waktu tercepat yang tercatat dalam rekor Asia.

20. CZZ : Merupakan istilah untuk dua pernyataan. Pertama bermaksud membongkar dan menyatukan kembali. Kedua bermaksud untuk kombinasi cross, ZBF2L (F2L yang melengkapi lapisan paling ata pada saat yang bersamaan), dan ZBLL (pelurusan blok tepi atas, dan pelurusan warna blok sudut atas).

21. PSC : Merupakan tantangan pemulihan rubik cube yang dapat dipersiapkan terlebih dahulu.

22. WCA : Merupakan singkatan dari Word Cube Association. WCA adalah badan organisasi dunia yang mengelola cabang olahraga speedcubing. Organisasi ini didirikan pada tahun 2003. Organisasi ini didedikasikan terutama untuk mengadakan kompetisi putaran kecepatan rubik cube. Hasil kejuaraan rubik cube dunia yang diaakan di Hongaria pada tahun 1982 juga telah diakui oleh WCA, yang merupakan satu-satunya kmpetisi yang diakui sebelum tahun 2003.

Demikian istilah umum dalam dunia rubik cube yang sering digunakan. Silahkan Anda dapat memahami istilah-istilah tersebut untuk memudahkan Anda dalam mendalami atau mempelajari permaian rubik cube.

Demikian istilah umum dalam dunia rubik cube yang sering digunakan. Silahkan Anda dapat memahami istilah-istilah tersebut untuk memudahkan Anda dalam mendalami atau mempelajari permaian rubik cube.

Share Artikel:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Lainnnya: