Rumus Rubik Pyraminx Terlengkap Pemula Pasti Bisa + Gambar

Anda penggemar rubik jenis twisty cube? Rubik dengan bentuk yang unik ini rupanya juga memiliki rumus tersendiri dalam penyelesaiannya, di artikel ini akan membahas rumus rubik pyraminx. Memang jenis twisty cube memiliki beberapa bentuk rubik yang berbeda-beda, dan semuanya memiliki rumusnya masing-masing dalam penyelesaiannya. Di artikel kali ini, kami akan membahas seputar rubik Pyraminx dan langkah-langkah penyelesaiannya.

 

Mengenal Rubik Pyraminx

Sebelum mempelajari langkah-langkah penyelesaiannya, Anda perlu mengetahui dahulu apa itu rubik Pyraminx. Rubik Pyraminxa dalah jenis twisty cube yang berbentuk menyerupai piramid. Pyraminx diciptakan oleh Uwe Mèffert. Permainan ini memiliki empat sumbu dan memiliki empat sisi yang berbentuk segitiga. Beliau mulai membuat Pyraminx sejak Rubik’s Cube mulai populer. Pada tahun 1980, beliau mengirim desainnya kepada pembuat mainan dari Jepang, yaitu Tomy Toys, untuk dibuatkan (prototype) pertamanya. Prototype ini dihargai 10 ribu dolar. Kemudian, Uwe Meffert memproduksi Pyraminx-nya dan membuat brand-nya sendiri, yaitu “Meffert’s” pada tahun 1981. Rubik ini memiliki 4 corner tip, 4 axial piece, 6 edge piece. Corner adalah sudut-sudut dari Pyraminx yang memiliki tigas sisi, lalu axial adalah layer di bawah corner yang memiliki tiga sisi. Sebenarnya, corner dan axial adalah sebuah kesatuan yang mana berperan sebagai poros utama dari rubik Pyraminx. Edge ialah bagian dari rusuk pyraminx yang mempunyai dua sisi.

 

rumus rubik pyraminx

 

Rumus Rubik Pyraminx

  1. Membuat Layer Pertama (base layer)

Putarlah corner agar ketiga sisi warna pada corner bertemu dengan warna axial piece, kemudian putar kedunaya hingga menjadi satu sisi, maka akan terbentuk logo Mitsubishi seperti di bawah ini.

rumus rubik pyraminx

 

  1. Sesudah membentuk logo Mitshubishi seperti gambar di atas, pastikan sisi biru dihadapkan ke bawah (D), lakukan hal tersebut kepada semua sisi yang berwarna biru (hadapkan ke bawah). Tujuannya adalah membentuk layer paling bawah dari piramida. Dalam penerapannya, terdapat kemungkinan beberapa kasus seperti :
  • Edge biru ada di layer kedua, penyelesaiannya adalah :

 

R U’ R’ – L’ U L – L R’ L’ R – R’ L R L’ – L’ U’ L – R U R’

rumus rubik pyraminx rumus rubik pyraminx rumus rubik pyraminx rumus rubik pyraminx

 

  • Edge biru sudah berada di bawah, namun, tidak pada posisi yang benar.

bawa piece ke layer dua dengan rumus R U R’ atau R U’ U’, kemudian selesaikan dengan gerakan yang sesuai dengan salah satu kondisi dari kasus 1.

  1. Menyelesaikan Puncak Piramid

Apabila sisi biru sudah selesai, pastikan posisi corner dan axial sudah benar di layer atas. Kemudian akan tersisa tiga edge yang belum terselesaikan yang dapat selesaidengan 5 algoritma (dua diantaranya mirror dan inverse dari algoritma yang lainnya).

 

  • Kode : X1

Algoritma Solusi : R U R’ U R U R’ atau Rw’ R L R’

Cara Membuat : R U’ R’ U’ R U’ R’

 

  • Kode : X2

Algoritma Solusi : R’ U’ R U’ R’ U’ R atau Rw’ R L’ R’ L’ R L’ R’

Cara Membuat : R’ U R U R’ U R

 

  • Kode : Y1

Algoritma Solusi : R’ L R L’ U’ L’ U L atau R’ L R L’ Lw R’ L’ R L. cara mengenali pola ini dapat dilihat dari dua stiker yang terletak saling berlawanan pada satu layer (stiker kuning) dan adanya dua stiker sewarna (merah)

Cara Membuat : L’ U’ L U L R’ L’ R’

 

  • Kode : Y2

Algoritma Solusi : L R’ L’ R U R U’ R’ atau L R’ L’ R Rw’ L R L’ R’

Cara Membuat : R U R’ U’ R’ L R L’

  • Kode : Z

Algoritma Solusi : L R’ L’ R U’ R U R’ atau L R’ L’ R Rw’ L’ R L R

Cara Membuat : R U’ R’ U R’ L R L’

 

Cara Mempercepat Penyelesaian Pyraminx

 

  • Extended “Mitshubishi”

Ketika sedang melakukan inspeksi, carilah sekaligus target edge pertama dan memasukannya sekaligus pada saat membuat Mitsubishi. Agar lebih jelas, cobalah scramble Pyraminx dengan algoritma berikut ini dengan posisi merah di (F) dan biru di bawah (D) : r b u” – B L’ B – U L’ – R U’ R’ U – B U B’ – L R’ – B U R B’ – R’ L R L’.

 

  • Looking Ahead & Mulitple Angle

Sama seperti ketika melakukan F2L pada Rubik’s Cube, untuk Pyraminx jugda dapat diterapkan. Caranya yaitu saat memasukkan satu edge ke posisinya, carilah edge berikutnya. Pada sata slotting edge ke posisinya, Anda tidak perlu terlalu sering untuk merotasi Pyraminx. Misalnya : lanjutkan scramble dari bagian (A) di atas. Setelah kerangka terbentuk, masukkan edge kedua ke kiri bawah dengan gerakan y’ L’ U L. dengan tanpa mengubah posisi, lanjutkan dengan memasukkan edge selanjutnya ke kanan bawah menggunakan L U” L. atau Anda juga bisa melakukan slotting kedua edge dengan satu gerakan tidak terputus y’ L’ U L’ U’ L’. dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan cara kedua lebih efisien dan tidak membuang-buang gerakan dengan y’ L’ U L L  U’ L (perhatikan yang digarisbawahi). Dibanding memutar L sebanyak dua kali, Anda memutar L’ yang intinya sama saja. (sumber : buku Langkah Mudah Menjadi Master Rubik).

 

Itu adalah langkah-langkah penyelesaian dan rumus rubik pyraminx terlengkap, bahkan pemula bisa menggunakannya. Kami akan membahas jenis twisty cube yang lain dan cara penyelesaiannya di artikel berikutnya, karena jenis twisty cube memiliki banyak bentuk selain Pyraminx. Semoga setelah mempelajari artikel ini, Anda bisa semakin cepat dalam memahami rumus dan penyelesaiannya. Jangan mudah menyerah ketika belum berhasil di percobaan pertama. Miliki rubik original berkualitas harga terjangkau hanya di Speedcube.

Share this post